Cek Fakta: Dekat Orang dengan Divaksin Bisa Sebabkan Usikan Menstruasi

KABAR efek samping dari vaksinasi kepada siklus menstruasi wanita telah beredar luas pada masyarakat. Informasi ini menghasilkan beberapa orang yakin bahwa wanita yang berada pada sekitar orang-orang yang hangat mendapatkan vaksin, maka peredaran mestruasinya akan terganggu.

Salah satu akun di Instagram pun membagikan hal yang sama. Akun bertanda ‘brothersbutcers’ ini menyatakan kalau untuk setiap pelanggannya yang baru saja divaksin, mampu mengambil pesanannya 28 hari setelah usai vaksinasi. Kejadian ini dilakukannya untuk menggembala pelanggan lain yang mayoritas adalah wanita.

“ After reading the effects of side effects for those that or arround people who have been vaccinated as described by pfizer in their study trials and after consulty a doctor as well, we ask that if you’ve been vaccinated, to please perintah for curbsid pick up or delivery for 28 days after their vaccinated… ”

Namun apakah benar jika berada di sekitar orang-orang yang baru divaksin hendak mempengaruhi siklus menstruasi perempuan?

Melansir sebab media nbcnews, Dr. Lucy McBride, seorang dokter penyakit dalam yang berpraktik di Washington DC menyatakan bahwa tidak ada mekanisme biologis yang dapat digunakan buat melepaskan vaksin.

“Ketika orang terinfeksi virus, apakah mereka memiliki petunjuk atau tidak, mereka menggugurkan virus. Begitulah cara virus menyebar di komunitas. Vaksin, meskipun, tidak tertumpah. Vaksin tidak menular, ” jelasnya.

Seorang ginekolog, Dr. Jennifer Gunter, dengan terkenal melalui tulisannya mengenai vaksin juga menyatakan peristiwa serupa.

“Tak satu pun dari tiga vaksin COVID-19 yang disetujui untuk digunakan di GANDAR mungkin dapat memengaruhi karakter yang belum divaksinasi, semacam misalnya menstruasi, kesuburan, serta kehamilan. Biar saya perjelas. Vaksin COVID-19 tidak sanggup mempengaruhi siapa pun secara proxy. ”

Dalam sebuah pernyataan, Tengah Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menjelaskan proses vaksinasi dengan kemudian tidak mungkin sanggup mempengaruhi orang di sekitarnya.