Daftar Vaksin yang Sudah Sanggup Izin Penggunaan Darurat WHO, Ada Sinovac

WORLD Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia pada Selasa 1 Juni 2021 resmi memberi izin penggunaan darurat untuk Vaksin Sinovac. WHO memberikan jaminan pada negara, penyandang dana, lembaga pengadaan, serta masyarakat kalau CoronaVac produksi China tersebut telah memenuhi standar internasional.

WHO menjamin keamanan, kemanjuran, dan pengerjaan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Sinovac Biotech yang berbasis di Beijing itu. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Asisten Direktur Jenderal WHO untuk Akses ke Produk Kesehatan dr Mariangela Simao.

Mengucapkan juga: Pakai Sinovac ataupun Bukan, Indonesia Butuh 70% Orang Divaksin 

Sebagaimana diketahui, daftar penggunaan darurat atau emergency use listing (EUL) dari WHO adalah prasyarat untuk pasokan vaksin Covax Facility dan pengadaan global.

EUL ini juga memungkinkan negara mempercepat persetujuan peraturan mereka tunggal untuk mengimpor dan membandingkan vaksin covid-19.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas. relawan, Jumat (4/6/2021), tidak hanya Vaksin Sinovac-CoronaVac yang telah mendapatkan pengesahan dari WHO.

Sejumlah vaksin lain pula sudah mendapat persetujuan dan digunakan di beberapa negeri. Berikut daftar lengkap vaksin darurat covid-19 yang direkomendasikan WHO.

Baca juga: Lakukan Inspeksi ke Pabrik, Ini Data yang Ditemukan WHO Terkait Vaksin Sinovac 

1. Pfizer/BioNTech (31 Desember 2020).

2. Astrazeneca-SKBio (15 Februari 2021).

3. AstraZeneca-Serum Institute of India (15 Februari 2021).

4. Janssen/Johnson and Johnson (12 Maret 2021).

5. AstraZeneca EU (15 April 2021).

enam. Sinopharm (7 Mei 2021).

7. Sinovac-CoronaVac (1 Juni 2021).

(han)