Demikian ini Cara Memasak dan Membenahi Ketupat agar Tak Segera Basi

Saat Lebaran, ketupat seakan sudah menjadi hidangan dengan wajib. Setiap rumah tangga pastinya menyediakan ketupat secara berbagai pilihan sayur masa Idul Fitri tiba.

Namun ketupat adalah satu diantara hidangan yang cara memasaknya perlu trik yang tepat. Karena kalau tidak, ketupat seringkali berlendir ataupun basi di keesokan harinya. Dengan demikian, Anda tidak bisa menikmati ketupat dengan waktu lama.

 

Seorang penjaja ketupat Nashiah, memiliki tips tersendiri supaya ketupatnya tetap lestari. Setiap jelang lebaran, dirinya selalu banjir pesanan. Jadi jika ia tidak berilmu memasak dan menyimpannya, ia bisa rugi besar.

Karena itu, Nashiah pun memberikan tips dengan jalan apa caranya supaya ketupat mampu awet. Terlebih jika Anda bisa menyantapnya hingga kira-kira hari setelah lebaran.

Ia mengatakan, pokok pertama untuk membuat ketupat lebih awet adalah sebab memilih bahan-bahannya. Menurutnya, janur yang masih muda dinilai dapat membuat ketupat bertambah awet.

“Pilih janur yang masih bujang. Biasanya warnanya kuning kehijauan, ” tuturnya.

Selain itu, lanjut Nashiah, Anda bisa menambahkan cairan kapur sirih pada beras yang sudah dicuci. Tirta kapur sirih berfungsi buat membuat ketupat lebih lestari dan juga membuatnya terasa lebih kenyal.

Saat memasak, Anda serupa disarankan untuk menambahkan cairan panas ketika air rebusan mulai berkurang. Ini juga membuat ketupat tidak terkesan kotor.

Sesudah matang, Anda disarankan buat menggantung ketupat tersebut. Menggantung ketupat dapat membuat air sisa rebusan menetes dan menjaga ketupat tetap biasa.

“Ketupatnya digantung saja dan dipotong hanya kalau mau disajikan. Tersebut biar enggak lembap ataupun cepat basi, ” tukasnya.

(DRM)