Elegan! Pemuda Ini Bikin Permutasi ‘Mata Ketiga’ Solusi Atasi Kecanduan Smartphone

SEOUL – Seorang perancang industri Korea Selatan menemukan inovasi solusi satir untuk orang-orang yang kecanduan smartphone atau disebut “zombie smartphone”. Mereka tidak dapat mengalihkan pandangan dari layar ponsel, bahkan saat berjalan.

Paeng Min-wook (28) telah mengembangkan bola lengah robot yang dijuluki “Mata Ketiga” yang dapat diikatkan ke dahi oleh pengguna sehingga mereka dapat berlaku tanpa cedera.

Perangkat tersebut, bagian dari karya seni Paeng yang disebut “Phono Sapiens”, membuka kelopak mata tembus pandangnya setiap kali merasakan kepala pemakai diturunkan untuk melihat smartphone.

Baca Juga: Inovasi Hand Sanitizer Ditampung dalam Gelang, Tinggal Pencet

Saat pengguna berharta dalam jarak satu had dua meter dari halangan, perangkat akan berbunyi bip untuk memperingatkan bahaya yang akan datang.

“Ini adalah tampilan periode depan umat manusia secara tiga mata, ” cakap Paeng, yang juga seorang pascasarjana dalam teknik desain inovasi di Royal College of Art dan Imperial College, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (6/6/2021).

“Karena kita tidak bisa mengalihkan prinsip dari smartphone, mata basi seperti ini akan dibutuhkan di masa depan, ” lanjutnya.

Penemuan Paeng ini menggunakan pemeriksaan gyro untuk mengukur sudut miring leher pengguna & sensor uasonik untuk membilang jarak antara mata robot dan rintangan di ajaran. Kedua sensor dihubungkan ke mikrokontroler papan tunggal sumber terbuka dengan baterai.

(hel)