Isolasi Mandiri Tak Berarti Minus Pengawasan Dokter Loh

WABAH virus corona kembali menggila. Berita membludaknya pasien Covid-19 di rumah sakit pun ramai, sehingga untuk yang bergejala mudah dianjurkan isolasi mandiri.

Data yang dirilis Pemprov DKI Jakarta per Sabtu (19/6/2021), menunjukan kalau, ranjang isolasi di 132 rumah sakit khusus Covid-19 di Jakarta sudah terisi sebesar 7. 919 ataupun 89 persen dengan total 8. 924 ranjang atau tempat tidur untuk pasien yang menjalani isolasi dalam rumah sakit. Padahal, World Health Organization (WHO) sudah menetapkan ambang batas aman BOR maksimal 60 persen.

Ketika isolasi mandiri juga tidak sembarangan. Virus corona sangat mematikan, maka meski isolasi mandiri pada rumah harus tetap dipantau tenaga medis.

  isolasi

Natali Ardianto dari Lifepack & Jovee mengatakan, menetapkan peran berbagai pihak buat membantu menangani pasien yang terkena virus Covid-19. Era isolasi mandiri, pasien juga harus mendapatkan layanan kesehatan yang layak.

“Terlebih bagi penderita covid-19 dengan gejala ringan had sedang yang tetap memerlukan perawatan secara tepat, ” katanya lewat keterangan tertulis.