Jiufen, Kota di Taiwan Versi Jelas dari Film Ghibli ‘Spirited Away’

SIAPA sangka kalau sebuah film animasi peraih Piala Oscar dibuat sebab terinspirasi dari sebuah kota mungil di Taiwan? Film buatan Studio Ghibli ‘Spirited Away’ berhasil memborong Academy Award 2003 untuk kategori Best Animated Feature.

Kota yang dikabarkan menjadi sumber inspirasi, Jiufen, kemudian menjadi betul terkenal dan selalu penuh dengan turis yang penasaran, makin hingga saat ini. Tapi benarkah Jiufen di Taiwan adalah praja versi dunia nyata dari film anime tersebut?

Kota Jiufen di Taiwan. (Foto: Istimewa)

Berada di kawasan pergunungan dalam Distrik Ruifang, New Taipei City, Jiufen adalah kota kecil dengan terkenal di kalangan turis, terutama turis dari Jepang dan Korea Selatan.

Atraksi istimewa di kota ini adalah Jiufen Old Street, sebuah jalanan mungil atau gang yang berisi toko suvenir dan jajanan tradisional Taiwan, serta rumah-rumah minum teh.

Salah satu rumah teh di Jiufen, A-Mei Tea House, menjadi landmark yang paling populer dan sering muncul dalam brosur dan iklan wisata di kian.

Rumah kayu klasik Tiongkok yang dihiasi dengan penuh lampion berwarna merah ini menjadi sangat terkenal berkat kemiripannya secara bath house, lokasi sentral di dalam cerita Spirited Away.

Banyak turis menyesaki Jiufen Old Street dan mengunjungi A-Mei Tea House karena kedua tempat ini dinilai sebagai lokasi versi jelas dari film Spirited Away, selain untuk shopping dan menikmati teh tentunya.