Keterangan di Balik Nama-Nama Kue Istimewa Lebaran

Kue kering salah satu sajian khas Lebaran selain ketupat dan opor ayam. Biasanya, kue kering disajikan sebagai teman bercengkrama bersama keluarga di tengah perhatian suasana Lebaran.

Lazimnya kue kering yang biasa disajikan adalah nastar, kaastengel, putri salju dan lidah kucing. Nah, kalau Anda biasa ngemil kue kering tersebut, tahukah makna di balik nama-nama mereka?

Berdasar beberapa sumber yang diterima Okezone , berikut arti nama kue kering lebaran:

1. Nastar

Nastar

(Foto: Up2det)

Kue lebaran ini terbilang kue yang paling banyak dinantikan orang-orang saat lebaran. Rasanya yang khas dengan teksyur buah nanas asli membuat bertopang tidak ingin berhenti makan. Zona, nama nastar sendiri ternyata datang dari bahasa Belanda; ananas serta taart.

Ananas bermakna nanas dan tart adalah kue tar. Jika digabungkan, akan menjelma ananastaart. Karena lidah Indonesia pelik mengucapkan kata itu, alhasil “nastar” dipakai untuk mempermudah pelafalannya.

2. Kaastengel

Kaastengel

(Foto: Cookpad)

Kue biasa khas lebaran ini pun ternyata asli Belanda. Memiliki nama sah kaasstengels, kaastengel di Indonesia kendati rasanya sama seperti di Belanda. Bicara mengenai asal usul kata, ternyata kaastengel terbagi menjadi dua suku kata; kaas dan stengels. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Makanya, tak aneh kalau kue ini bentuknya seperti batang dan ada taburan keju di bagian atasnya.