Kondisi VBAC, Melahirkan Normal Setelah Caesar

ISTILAH VBAC atau Vaginal Birth After Caesarean mungkin sudah didengar oleh para bumil. Seperti apa sih syarat yang harus dipenuhi kalau Anda ingin melahirkan biasa setelah caesar ini?

Dituturkan Ahli Obgyn dr Nisa Fathoni SpOg, IBCLC, VBAC merupakan cara persalinan normal setelah proses caesar. Namun jika ingin melakukan VBAC ada kriterianya.

Mengaji Juga: Wamenkes: Puncak Kejadian Covid-19 Usai Lebaran Terjadi pada Pertengahan Juni

“VBAC harus direncakan ditolong spesialis kandungan dan faskes memadai, ” membuka dr Nisa ditemui pada tempat praktiknya di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

  nisa

“Ditakutkan ada robekan rahim atau kalau tersedia risiko ini harus caesar kembali bisa masuk zona operasi. Jika tidak jadi, dalam 1 menit bisa perdarahan sampai 500 ml, ” lanjutnya.  

Ya, dokter yang praktik di Brawijaya Hospital Saharjo ini juga menyebutkan sederet kriteria bila Kamu ingin VBAC. Dia membaca, berdasarkan jurnal, interval delivery time yang diperbolehkan saat VBAC, yaitu 18-24 bulan. Lalu Anda juga tak pernah ada riwayat operasi di rahim sebelumnya, seperti miom atau operasi kandungan sebelumnya vertikal.