Label Nutrisi Beras Merah yang Lebih Sehat dari Beras Putih

BERAS merah merupakan jenis beras (Oryza Sativa L) yang adalah biji-bijian sereal bertepung yang termasuk dalam keluarga Poaceae. Beras merah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi oleh beberapa orang untuk kesehatan.

Beras merah memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Beras merah mengandung antosianin (zat warna merah) yang tinggi sehingga beras memiliki warna merah. Beras ini memiliki rendah akan kadar glikemik (glycemic index/GI), namun memiliki kendungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Beras merah juga lebih sehat daripada beras putih, karena proses dari beras ini sendiri tidak melewati penggilingan yang panjang. Sehingga membuat nutrisi penting di dalam beras merah akan tetap utuh.

Baca Juga:   Kamu Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Pilih Makan Nasi Merah

Sementara pada beras putih terjadi proses penggilingan panjang, sehingga dapat menghilangkan bagian terluar beras, yakni sekam dan kulit ari (aleuron). Bagian ini kaya dengan kandungan gizi terutam magnesium dan serat yang berperan penting dalam menurunkan risiko diabetes mellitus.

Nah, seperti dilansir Okezone dari Boldsky, pada 100 gram beras merah mengandung energi 82 kkal. Ada juga kandungan lain dari beras merah lainnya yang bisa Anda simak berikut ini.

– 1, 83 g protein

– 0, 65 g total lemak

– 17, 05 g karbohidrat

– 1, 1 g serat

– 0, 16 g gula

– 2 mg kalsium

– 0, 37 mg zat besi

– 3 mg natrium

– 0, 17 g asam lemak, total penuh

(dwk)

Loading…