Lezatnya Rawon Kaya Rempah Istimewa Semarang, Makin Nikmat Ditambahkan Telur Asin

PARA pencinta kuliner wajib mencicipi nasi rawon dalam Kota Semarang, Jawa Tengah, yang satu ini. Pokok, kelezatan rawon yang makmur rempah ini sudah diakui dunia internasional, bahkan dinobatkan sebagai sup paling enak dari belahan Benua Asia.

Kuah liat berwarna kehitaman berisi segmen daging menjadi perpaduan dengan sempurna pada nasi rawon ini. Rawon adalah serupa sup beraroma yang dibuat menggunakan daging sapi. Petunjuk khasnya terdapat pada buah keluak dari pohon kepayang.

Baca juga: Rawon Sasaran Berkuah Terlezat se-Asia, Kuliner Indonesia Kian Mendunia!  

Bumbu khas Indonesia tersebut beracun jika mentah, serta perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Buah inilah yang men warna kuah hitam.

Cara pembuatannya:

1. Potong daging sapi dadu, lalu rebus sekira 30 menit.

2. Tumis bumbu jarang bawang merah, bawang suci, lengkuas, daun jeruk, & serai sampai harum. Tambahkan air, lalu masukkan warga sapi serta daun bawang. Berikan bumbu lada, sira, dan sedikit gula.

3. Kecilkan obor dan tunggu hingga mendidih. Dengan cara ini, warga sapi akan empuk, tidak akan alot.

4. Sembari menunggu mendidih, rebus daun so jadi garnis dari rawon dengan akan disajikan. Untuk penyajiannya tambahkan telur asin dengan dibelah.

Baca juga: Di Sendi Aja, Masak Rawon Komplit Yuk!  

Rawon tunggal baru-baru ini dinobatkan sebagai kuliner jenis sup menyesatkan enak se-Asia oleh Taste Atlas pada 2020. Ini merupakan situs yang berbasis di Kroasia dan berisi konten masakan tradisional serta ulasan pakar kuliner.

Situs itu membawa rawon pada urutan mula-mula dari 12 menu sup paling enak se-Asia.

(han)