Mahir: Vaksinasi Covid-19 saat Puasa Perlu Persiapan Mental

PROGRAM vaksinasi covid-19 langsung dilanjurkan selama bulan pertarakan Ramadhan 1442 Hijriah. Kejadian ini merujuk pada Ajaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 yang membolehkan pemberian vaksin covid-19 saat Ramadhan sebab injeksi intramuscular tidak mementahkan ibadah puasa.

Menurut MUI, melakukan vaksinasi covid-19 bagi umat Agama islam yang berpuasa hukumnya bisa sepanjang tidak menyebabkan naas. Umat islam pun diimbau mengikuti dalam program vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan pemerintah buat mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah keburukan.

Baca juga: Usai Divaksinasi, Klaster Covid-19 Perkantoran Justru Semakin Banyak  

Lihai kesehatan sekaligus Kepala Kelompok Penasihat Teknis Indonesia untuk Imunisasi (ITAGI) Profesor Dr dr Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan, dari sisi medis, sebenarnya tidak ada masalah apabila divaksin selama berpuasa. Dia menyarankan melakukan ancang-ancang mental karena ini yang terkadang membuat seseorang merasakan ragu divaksin.

“Sebetulnya lebih ke pedoman psikis. Enggak kuat. Dengan medis tidak ada urusan. Kemarin ada pengemudi ambulans mengaku pusing setelah disuntik. Secara logika tidak apa-apa, persiapan mental yang harus kita edukasi terus-menerus. Tidak batalkan puasa karena tak membuat kenyang, lewat suntikan. Puasa tidak memberatkan suntikan vaksin, ” terang tempat, seperti dikutip dari Antara , Minggu (25/4/2021).

Memang bagi seseorang yang ragu disuntik vaksin saat bertarak, saat ini mulai ada penjadwalan vaksinasi saat suangi hari. Tenaga kesehatan di beberapa tempat sudah menyediakan fasilitas ini di suangi hari meskipun ada kesulitannya yakni dekat waktu Sholat Tarawih.

Vaksinasi pada malam hari, lupa satunya dilakukan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, dengan sasaran para lansia. Pada sana pendaftaran dilakukan sesudah berbuka puasa yakni pukul 19. 00 hingga 21. 00 Wita dan tanda pelayanan dibuka hingga pukul 22. 00 Wita.

Baca selalu: Jelang Vaksinasi Covid-19 dalam Semester II, Menkes Gandeng Banyak Pihak  

Vaksinasi covid-19 dijadwalkan berlangsung sebanyak tiga kali seminggu selama bulan Ramadhan di kantor kelurahan yang dekat dengan masjid. Selain supaya banyak warga yang datang, juga sekaligus sosialisasi.

Kegiatan ini berangkulan dengan pelaksanaan screening dalam lansia yakni pemeriksaan lagu darah, kolesterol, dan asam urat.