Mengenal Peran Jintan Hitam di Mencegah Covid-19

PENAMBAHAN kasus Covid-19 yang benar masif di Indonesia sungguh membuat pemerintah kewalahan. Makin, tingkat keterisian di beberapa rumah sakit sudah betul tinggi membuat para tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja juga kelelahan.

Ketua Umum Perkumpulan Tabib Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. dr. Inggrid Tania, M. Si (Herbal) menjelaskan zaman ini lingkaran paparan Covid-19 semakin mengecil.

Peristiwa itu terbukti dengan semakin banyak keluarga, sahabat, dan awak yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan rasio paparan Covid-19 di Jakarta saat itu adalah 1: 22 yang berarti ada 1 sejak 22 penduduk DKI Jakarta yang terpapar Covid-19.

Oleh sebab tersebut ia mengimbau masyarakat untuk tidak boleh lengah menerapkan protokol kesehatan 5M & menjaga pertahanan tubuh pasti optimal. Memperkuat imunitas pula diperlukan dengan mengonsumsi sasaran bergizi seimbang, cukup tidur, berolahraga teratur, serta membandingkan stres.

Selain itu seseorang juga bisa meningkatkan gaya tahan tubuh dengan menggunakan herbal. Formula herbal serupa jintan hitam atau habbatussauda, meniran, dan jahe serupa bisa menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memelihara serta meningkatkan imun tubuh.

“Habbatussauda kaya hendak kabohidrat, protein, lemak, serta vitamin A, B1, B6, C, dan E, mengikuti termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone untuk membentuk dan menguatkan kekebalan tubuh, ” cakap dr. Inggrid dalam pancaran pers yang diterima MNC Portal.

Pada sisi lain, meniran dengan merupakan campuran terbaik habbatussauda mengandung zak aktif phyllanthin dan flavonoid yang memiliki fungsi sebagai imunostimulan untuk mengoptimalkan fungsi pertahanan awak.

“Campuran lainnya adalah jahe yang mengandung magnesium, vitamin C serta B6, fosfor, tembaga, tukul, dan kalsium. Mintak atsiri yang ada dalam jahe juga bisa memberikan persepsi hangat ke seluruh awak penggunanya, serta efektif di dalam meredakan masuk angin, ” tukas dia.

(mrt)