NASA Uji Robot Optimism Sebelum Perseverance Tiba di Mars

JAKARTA – NASA telah meluncurkan misi ke Planet Merah pada musim radang tahun ini. Dijadwalkan tiba asal tahun depan, misi itu membawa Mars Perseverance Rover 2020.

Sambil menunggu, ilmuwan NASA menciptakan alat serupa yang disebut dengan Optimism atau Operational Perseverance Twin for Integration of Mechanisms and Instruments.

Dilansir Slashgear, Optimism memiliki komponen teknologi yang serupa dengan Perseverance. Ini termasuk roda, komputer, dan kamera yang memungkinkannya untuk bergerak secara mandiri. Namun berbeda dengan Perseverance, alat itu tidak memiliki aki nuklir dan dilengkapi dengan pendingin untuk menyesuaikan cuaca California.

Dengan perbedaan itu, NASA menciptakan Optimism sebagai pengganti Perseverance untuk melakukan simulasi sebelum misi Mars dilakukan. Alat itu bertugas untuk memberikan gambaran kinerja Perseverance, baik kinerja perangkat berlelah-lelah maupun perangkat lunak yang dimilikinya. Dengan begitu, harapannya ilmuwan NASA dapat menambal kekurangan sebelum misi mendarat.

“Untuk menghindari sebanyak mungkin perkara tak terduga setelah penjelajah datang pada 18 Februari 2021, awak membutuhkan penjelajah uji sistem kendaraan yang terikat Bumi (VSTB) tersebut untuk mengukur kinerja perangkat berlelah-lelah dan perangkat lunak sebelum itu mengirimkan perintah ke Perseverance pada Mars, ” ucap NASA, dikutip Digital Market News.

Baca juga: Sejarah Singkat Mengenai Perkembangan Komputer

Simulasi Bumi dikatakan menguatkan karena pada dasarnya Optimism mempunyai kemiripan yang identik dengan Perseverance. Terlepas komponennya, alat ini memiliki ukuran, mobilitas, kecepatan, maupun penginderaan jarak jauh yang serupa secara milik Perseverance. Sehingga dengan itu, tentu harapannya simulasi di Bumi dapat bermanfaat untuk perbaikan Perseverance.

Adapun sebelumnya, alat ini juga sudah lulus melakukan uji coba kemudi di 1 September lalu. Sementara itu, untuk saat ini Optimism disimpan di garasi di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California Daksina.

Rencananya, tiruan akan dilakukan pekan depan dalam Mars Yard – sebuah bagian tanah merah bertabur bebatuan & rintangan serupa permukaan Mars.

(ahl)