Perancang Kenzo Takada Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Kenzo Takada, desainer asal Jepang yang selalu terlihat ceria itu telah meninggal dunia di piawai 81 tahun. Ia tutup usia akibat komplikasi Covid-19.

Ia memulai kariernya di Paris pada 1970. Kala itu, kala Paris mulai kehilangan desisnya, beberapa seniman, termasuk Takada datang kesana membawa energi baru. Lulus dari Bunka College of Fashion, perancang tersebut pindah ke Paris di tahun 1960, ia bekerja terlepas hingga tahun 1970 ketika dia membuka butik Jungle Jap.

Takada dikenang berkat karyanya yang memadukan inspirasi lin budaya. Inilah yang menjadi petunjuk khas dari pakaian Kenzo.

“Saat Kenzo mulai merancang, mantranya sangat sederhana. Ia tetap berkata ‘Dunia itu indah’, ” kata Armand Limnader seperti dikutip dari Vogue pada Senin (5/10/2020).

Baca Juga: 5 Protokol Kesehatan yang Harus Anda Lakukan saat Naik Transjakarta

Takada pernah mengatakan bahwa pekerjaannya selalu mengacu pada kemandirian dan harmoni. Karena ia tak ingin ada tekanan dalam negeri desain yang dapat menurunkan status desain jika si pekerja dibuat tidak semangat.

“Saya ingin dikenang sebagai seorang perancang yang melintasi batas, ” katanya ke sebuah majalah pada 2000.

Takada sejalan secara kaum muda, dan mereka sepaham dengannya. Pada 1970-an, Gunnila Lindblad memberi tahu Mode, Takada merupakan “salah satu desainer terpanas era itu, untuk model. Semua orang mengenakan Kenzo karena dialah yang benar-benar memulai semua catwalk. ”