Perdata Lonjakan Kasus COVID-19 karena Kerumunan Orang, Ini 5 Cara Tubuh Tolak Virus

Kasus kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta maupun McD Sarinah menjadi cambukan keras pemerintah yang selalu menggembor-gemborkan jaga jarak aman. Adanya perkara ini mencoreng kedisiplinan yang harusnya dijalankan masyarakat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Timur dr Indah Fitriani, SpPD, memperingatkan risiko adanya lonjakan kasus baru COVID-19. Menurutnya, masa kerumunan terjadi, penyebaran virus akan lebih mudah dan ini berbahaya.

Fakta lain yang harus diketahui publik ialah di tengah bangsa itu ada kelompok orang minus gejala (OTG) atau mereka dengan memperlihatkan gejala tapi sangat kurang. Mereka ini membawa virus akan tetapi tak terdeteksi oleh orang asing.

“Jalan kita sedang panjang. Vaksin mungkin baru 1-2 tahun lagi siap, itu jika cepat. Jadi harus siap-siap tersedia lonjakan kasus baru lagi sejenis kerumunan ini terjadi di tengah masyarakat, ” paparnya pada Okezone menggunakan pesan singkat, Jumat (15/5/2020).

(Foto: @andriansyahyasin/Twitter)

Di bibir itu, dr Indah coba menganjurkan beberapa tips menjaga tubuh terhindar dari paparan virus corona. Tersebut penting diketahui bagi Anda yang terpaksa harus keluar rumah serta berada di tengah kerumunan.

Berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan saat berharta di kerumunan di tengah pandemi COVID-19:

1. Lestari menjaga jarak, ingat bahwa droplet yang berisi virus bisa men sampai jarak 2 meter (di beberapa kepustakaan bahkan sampai enam meter).

2. Memakai masker dan jangan menyentuh paras sebelum cuci tangan dulu sebelumnya, karena pintu masuk virus itu dari hidung, mata, dan lagak.