Pra New Normal, Harus Ada Tiruan Lebih Dahulu

PEMBERLAKUAN era new normal, nantinya hendak mengatur tata kehidupan masyarakat untuk tetap beraktivitas normal dengan damai, tapi tetap berdampingan dengan virus corona.

Sesuai yang dijelaskan Juru Bicara Penanganan Covid-19, berbagai indikator harus dipenuhi oelh suatu daerah sebelum membatalkan untuk bisa mengaplikasikan new normal.

Menurutnya, banyak zona yang harus diperhatikan seperti madrasah, perkantoran, kampus, pelayanan publik dan lain-lain. Oleh karena itu, dia menodong pemerintah daerah yang bersangkutan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.

“Setelah diputuskan, harus ada upaya sosialisasi kepada semesta elemen masyarakat tentang keputusan pemerintah daerah ini, yang akan mengimplementasikannya (new normal), ” ucap Yuri, saat konferensi pers daring, “Update COVID-19”, di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Setelah dilakukan sosialisasi menyeluruh kepada semua masyarakat, pemerintah daerah harus memberikan edukasi. Edukasi ini mengungkung tentang sebetulnya apa sih dengan harus dilakukan oleh masyarakat di dalam berkehidupan sehari-hari.

“Setelah sosialisasi, ada edukasi tentang apa yang harus dilakukan di wacana norma baru ini. Pastikan seluruh masyarakat bisa memahami, ” imbuh Yuri.