Ravn X, Pesawat Tanpa Awak Terbesar Dunia untuk Luncurkan Satelit

JAKARTA – Ravn X sebuah Sistem Pesawat Tanpa Jasad (UAS) terbesar dalam dunia diresmikan oleh perusahaan rintisan peluncuran roket swasta. Pesawat tanpa awak ini, untuk membawa berpandu bermuatan satelit ke atmosfer dengan diluncurkan ke orbit rendah Bumi.

Ravn X bertenaga jet memiliki berat hampir 28 ton, dirancang untuk sanggup meluncurkan satelit ke luar udara setiap 180 menit.

Pesawat dilengkapi saayap secara lebar 18, 3 meter, tinggi 5, 5 meter, dan bakal bakar yang sama seperti jet standar.

Menangkap Juga:   Gunakan Drone, Jalan Unik Penggembala Sapi Kumpulkan Ternak

Dilansir sejak IFLS Science pada Senin (7/12/2020), Ravn X akan melepaskan muatan bertenaga roket setelah mencapai kawasan penurunan yang ditentukan. Kemudian, tempat akan mendarat di landasan pacu dan kembali ke gantungan dengan dilakukan secara mandiri.

Baca Juga:   Indonesia Kembangkan Pesawat Drone, Bisa Landas 24 Jam

Setelah debutnya 3 Desember berantakan, Ravn X akan segera menyampaikan muatan pertamanya dalam waktu dekat. Dia akan membawa ASLON-45, urusan peluncuran kecil formal pertama yang dikontrak oleh Angkatan Luar Udara AS. Ravn X akan mengakhiri pengiriman pertamanya pada Q3 2021.

Ravn X adalah bagian dari program baru Aevum untuk peluncuran satelit yang disebut Autonomous Launch. Teknologi ini melibatkan beberapa sistem cerdas swakelola, berangkat dari menghitung kondisi cuaca had piloting kendaraan yang tidak berawak.

 

(saz)