Tak Cuma Varian Delta, Vaksin Moderna Diklaim Ampuh Atasi Kappa dan Gamma

VARIAN Delta memang menjelma masalah baru dalam pengentasan kasus positif Covid-19. Pasalnya, varian Delta lebih nudah menyerang dan sulit untuk dideteksi.

Dalam samping itu, varian Delta juga terbukti membuat efikasi dari sebuah vaksin menyusut. Karenanya, banyak yang mempertanyakan keampuhan vaksin setelah munculnya varian Delta tersebut.

Tapi, kini ada informasi gembira dari salah satu produsen vaksin, Moderna, mengutarakan bahwa vaksin mereka benar efektif melawan varian virus Delta yang jauh lebih menular.

Mengutip Reuters, hari ini Moderna Inc mengungkapkan bahwa dalam sebuah studi laboratorium vaksin Covid-19 yang mereka buat, terlihat bisa menghasilkan antibodi penawar terhadap varian yang muncul, termasuk virus varian Delta yang pertama kala teridentifikasi di India di Desember 2020 tersebut.

Studi lab digelar dengan meneliti serum darah dari delapan orang peserta. Serum darah ini diperoleh satu pekan pasca delapan orang tersebut menerima dosis kedua vaksin dalam uji coba tahap awal.

Vaksinasi menghasilkan antibodi terhadap semua varian, tercatat versi tambahan dari varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Daksina dan tiga varian tuntutan keturunan yang pertama kala diidentifikasi di India, termasuk varian Kappa dan Delta.