Tips Aman Belanja Online Menyekat Penularan Covid-19

Selama masa pandemi Covid-19 masyarakat diimbau untuk mengurangi mobilitas untuk menghalangi terjadinya penularan penyakit. Begitu halnya saat ingin berbelanja, seseorang dapat memanfaatkan teknologi untuk mengakses berbagai hal salah satunya dengan berbelanja online. Selain lebih positif, belanja online juga bisa mencegah risiko penularan Covid-19.

Seseorang mampu berbelanja melalui berbagai marketplace yang saat ini menganjurkan berbagai diskon dan promo menarik lainnya. Meski serupa itu sebelum berbelanja, seseorang kudu paham betul mengenai jalan berbelanja online agar transaksi dapat berjalan dengan tenteram dan nyaman.

Merangkum dari Satgas Pengerjaan Covid-19 Bidang Perubahan Karakter @satgasperubahanperilaku, Senin (17/5/2021), berikut tips agar berbelanja tenang dan nyaman, yuk disimak.

1. Melihat kredibilitas penjual

Sebelum membeli, seseorang perlu melihat kredibilitas tokonya tiba dari komentar, ulasan, dan rating tokonya.

2. Selalu simpan informasi pembicaraan

Menyimpan bukti transaksi untuk jaga-jaga jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

3. Bandingkan harga produk

Bandingkan harga buatan yang serupa di toko asing agar mendapatkan harga termurah.

4. Tetap pahami kebijakan platform marketplace

Pahami kecendekiaan platform agar kamu bisa mudah temukan solusi kalau terkena masalah saat transaksi, seperti proses refund, pengembalian produk, dll.

Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap melayani protokol kesehatan di mana pun berada. Tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M yakni mencuci lengah pakai sabun dan minuman mengalir, memakai masker, serta menjaga jarak.

(hel)