Tips Menyimpan Masker dengan Aman, Dicoba Yuk!

DI tengah pandemi Covid-19, masker sebagai alat pelestarian menjadi barang penting serta wajib untuk dipakai saat beraktivitas di luar rumah. Baik itu masker kain, masker bedah (medis), ataupun masker non-medis.

Tapi sayangnya, meski penggunaan masker sekarang sudah siap kewajiban begitu kita keluar rumah. Namun, tak ditampik masih ada sebagian karakter yang tidak memahami bagaimana cara menyimpan masker secara aman dan tepat.

Menyimpan masker tak dapat dilakukan sembarangan, jika dikerjakan asal-asalan, masker yang suci bisa menjadi kotor & terkontaminasi. Sehingga akhirnya fungsi awalnya untuk melindungi sebab paparan droplet pembawa virus corona bisa hilang.

Lalu bagaimana jalan menyimpan masker dengan benar? Mengutip CDC, sesuai secara panduan yang dikeluarkan oleh Badan Pencegahan dan Pengoperasian Penyakit, penyimpanan masker dengan tepat dipisahkan dalam besar kategori, pertama untuk masker yang sudah basah atau kotor. Lalu yang kedua adalah untuk masker dengan tidak basah dan tidak kotor alias bersih.

 

1. Masker yang sudah basah

Cara pertama untuk masker yang sudah basah, oleh karena itu artinya masker tersebut telah kotor. Baik basah terkena keringat, air liur, riasan, atau cairan atau zat lain. Maka simpan kedok basah tersebut di dalam kantong plastik tertutup sampai Anda tiba di rumah dan bisa mencucinya. Cuci masker basah atau menodai sesegera mungkin agar tidak berjamur, perlu diketahui sebetulnya masker basah itu sulit untuk dihirup dan invalid efektif untuk dipakai menyembunyikan diri.

2. Masker kering

Cara selanjutnya, untuk penyimpanan masker yang kering dan masker dengan bersih, maka harus disiapkan kantung bersih, contohnya paper bag sebagai wadah. Kamu bisa menyimpan masker tatkala untuk digunakan kembali nanti.

Lepaskan kedok dengan benar dan tepat cuci tangan setelah menyentuh masker bekas. Simpan pada dalam kantong kering & bernapas (seperti kantong kertas atau kain jaring) agar tetap bersih di sela-sela penggunaan. Saat masker digunakan kembali, pertahankan sisi yang sama menghadap ke arah luar.

Kalau melepas masker untuk prasmanan atau minum saat berkecukupan di luar rumah, kedok bisa diletakkan di wadah yang aman untuk menjaganya tetap bersih. Contohnya kaya saku, kantong kertas, atau saat ini sudah banyak tersedia pouch mini khusus masker.

Pastikan untuk mencuci atau membuang tangan setelah melepas kedok. Setelah makan, kenakan kembali masker dengan sisi yang sama menghadap ke luar. Pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan kita lagi setelah kembali memakai masker.

(DRM)