Tulang Anak Manusia Purba Ini Ditemukan Terkubur 41. 000 Tahun Lalu

ILMUWAN menemukan fakta baru mengenai tulang manusia purba yang umurnya gres dua tahun. Tidak jelas apakah itu laki-laki atau perempuan, namun diperkirakan manusia purba ini hidup kira-kira 41. 000 tahun yang lalu. Jenazah anak ini ternyata berniat disimpan di bawah lapisan sedimen yang sudah digali.

Tulang anak ini terlihat di situs arkeologi terkenal di barat daya Prancis, tepatnya La Ferrassie. Sisa-sisa beberapa Neanderthal sudah ditemukan di sana, termasuk tulang bujang itu yang disebut La Ferrassie 8.

(Baca juga: Penemuan Tulang Kulit dengan Pakaian Dalam Wanita Gegerkan Warga) 

Kala sisa pubakala ini ditemukan, para peneliti berasumsi bahwa itu berniat dikuburkan. Neanderthal meletakkan kerabat itu yang telah meninggal untuk membuang letih di bawah Bumi. Namun kira-kira keraguan muncul apakah upacara penguburan ini adalah sebuah kebiasaan istimewa Homo sapien.

Tim peneliti dari (CNRS) dan satu diantara museum di Prancis telah melaksanakan evaluasi ulang menyeluruh terhadap temuan La Ferrassie 8. Fosil ini telah berada di museum selama 50 tahun sejak penemuannya kurun 1970 hingga 1973 silam.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (11/12/2020), para peneliti meninjau buku catatan dan buku harian lapangan yang digunakan oleh awak penggali asli serta menganalisis tulang La Ferrassie 8.

(Baca juga: Ditemukan Bahan Mirip Tulang Manusia di Mars, Ini Penjelasan NASA)

Mereka juga melakukan penelaahan dan analisis baru di situs tempat jenazah anak itu terlihat. Hasil dari penelitian mereka melahirkan bahwa anak tersebut memang dikuburkan.

“Hasil kami menunjukkan bahwa LF8 mengganggu lapisan deposit yang lebih tua (dan dengan arkeologis steril). Kami menyimpulkan bahwa Neanderthal dengan sengaja menggali lubang di sedimen steril tempat anak itu dibaringkan, ” kata para-para peneliti.

https://www.sciencealert.com/ancient-neanderthal-mystery-solved-by-a-child-s-bones-from-40-000-years-ago

 

(amr. -)