Waspadai Ancaman Hipertensi di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi virus corona Covid-19 menebar ketakutan kepada semua orang. Namun sebenarnya masalah kesehatan yang harus diwaspadai bukan cuma Covid-19, melainkan penyakit tidak menular lainnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Founder Publik Sobat Diabet, dr. Rudy Kurniawan Sp. PD, mengatakan bahwa era ini masyarakat harus fokus ke penyakit tidak menular, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes.

Pasalnya kurang penyakit tersebut adalah silent killer dan masuk ke dalam penyakit komorbid. Bahkan sebagian besar penanggung hipertensi banyak tidak menyadari sudah terkena penyakit itu.

“Saat lagu darah tinggi sering kali tidak ada gejala. Pas gitu dicek tinggi. Saat tingginya ekstrim mampu menyebabkan stroke dan bisa mengalami masalah kesadaran, ” terang dr. Rudy, dalam acara Tropicana Slim, ‘Pentingnya Peran Ibu dalam Membentengi Kesehatan Keluarga’, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Buat Anne Avantie Belajar Tinggalkan Pola Hidup Lama

Hipertensi juga terkait dengan beberapa penyakit lain seperti: jantung, ginjal, gangguan penglihatan dan lain-lain. Tabib Rudy mengatakan hipertensi ini dikarenakan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat.

“Mulai dari pola asupan makan yang tidak baik, kebanyakan sodium serta lemak. Bisa juga dari ciri turunan, tapi hal tersebut potensinya cukup kecil dan lebih kerap disebabkan oleh pola hidup dengan tidak sehat, ” tuntasnya.

(hel)

Loading…