WHO Umumkan China Bebas dibanding Penyakit Malaria

USAHA keras dan panjang China dalam memberantas keburukan mematikan malaria akhirnya melahirkan hasil. Badan Kesehatan Negeri (WHO) pada Rabu 30 Juni 2021 mengumumkan China bebas dari malaria. Itu menjadikan China negara ke-40 yang sukses menghapus angka kasus penyakit malaria.

“Keberhasilan ini diperoleh dengan susah payah & hanya bisa muncul setelah usaha selama beberapa dekade melalui tindakan yang ditargetkan dan berkelanjutan, ” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilaporkan New York Times .

Baca juga: Kontrol Sakit dan Cegah Malaria, Tersebut Deretan Manfaat Asam Jawa 

Lewat pengumuman ini, China otomatis bergabung dengan negara-negara lain di dunia yang sudah bebas dari penyakit malaria.

“Melalui maklumat ini, China bergabung dengan semakin banyak negara dengan menunjukkan kepada dunia, kalau masa depan bebas malaria adalah target yang sanggup terlihat, ” tambah si direktur jenderal WHO.

Baca serupa: Ilmuwan Temukan Mikroba untuk Kendalikan Malaria 

Dikutip dari laman Newser , Kamis (1/7/2021), sebelum diumumkan menjadi negara dengan sudah bebas dari malaria, panel independen pada Mei bertolak ke China untuk menyakinkan sudah tidak ada lagi kasus malaria di sana.

Sekitar ini untuk kawasan Pasifik Barat ada Australia, Brunei, dan Singapura yang telah sukses memusnahkan malaria.